Analisis Permainan Bowling Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • Dian Yoga Swasthi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Gede Suryawan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Adinda Rakhmania Putri UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Permainan Bowling, Media Stimulasi, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan bowling sebagai media stimulasi dalam mendukung aspek perkembangan anak di First Bridge Montessori School.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memahami pengaruh permainan bowling terhadap perkembangan anak. Subjek penelitian terdiri dari 30 anak usia 3-6 tahun yang terdaftar di First Bridge Montessori School. Pemilihan subjek dilakukan secara acak. Data dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul terkait dengan aspek perkembangan anak.

Temuan: Temuan ini menunjukkan bahwa permainan bowling adalah alat yang efektif untuk stimulasi perkembangan anak di berbagai aspek, terutama motorik kasar, sosial, emosional, serta kognitif seperti konsentrasi dan fokus. Aktivitas ini juga mendukung pengembangan kemandirian dan kemampuan mengikuti instruksi.

Implikasi: Penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk mengintegrasikan permainan bowling ke dalam kurikulum pendidikan fisik di sekolah-sekolah, khususnya yang menerapkan pendekatan Montessori, sebagai cara untuk mendukung perkembangan motorik kasar dan keterampilan sosial anak. Guru dan pendidik dapat dilatih untuk menggunakan permainan bowling dan aktivitas fisik serupa sebagai alat pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.

References

Ahmad Susanto. 2012. perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagaiaspeknya.

Inra. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Edu-Games Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Vol.1 No.2. hlm 372.

Jakarta :Kencana Prenada Media Group. Anjrah Herry Yunanto. 2013. Penerapan Metode Bermain Bowling aritmatika. Di akses tanggal 18 Desember 2015. Diambil dari : http ://lib.unnes.ac.id/18771/1/1601910004.pdf.George S. Morrison. 2012. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta : PT

Indeks Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. 2006. Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara Isjoni. 2014. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Imam Gunawan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia Mahdalena. (2021:137) dalam peneleitian yang berjudul " Permainan Bowling Botol Mini Untuk Motorik Halus Anak Usia Dini di Tk Kartini Krajan"

Evi Anugrah. (2022) dalam skripsi yang berjudul "Peranan Permainan Bowling Terhadap Pengenalan Angka Pada Anak Usia Dini "

Darajat Sangkuni, dkk. (2020:64) dalam penelitian yang berjudul " Penerapan Media Bermain Bowling Terhadap Mengenal Konsep Angka Pada Ditingkat Tk/ Paud Adetia Tembung"

Rahmawati Kurnialita, dkk dalam skripsi yang berjudul " Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bowling "

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kaelan, H. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Intberdisipliner. Yogyakarta:

Paradigma

Kiki Ria Mayasari. 2014. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Pada Kelompok B4 Di Tk Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Yogyakarta

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks.Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sodikin,Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak (Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Surabaya: Program Studi PGPAUD. 2017)h. 34.

Utiarahman Williana. Peran Guru Dalam Penggunaan Media Kartu Bowling Pembina Desa Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato (Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2017), h. 2.

Leginem, “Upaya Meningkatkan melalui Bowling di RA Islamiyah AFD Simalungun”, Skripsi (Sumatera Utara Medan: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Fak. Agama Islam Universitas Muhammadiyah, 2017), h.28.

Anggani, Sudono. Alat-Alat Permainan dan Sumber Belajar di Taman Kanak-Kanak (Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikti Proyek Pendidikan, Akademi Jakarta, 1995), h.174

Fitrah Hayati,Sari Mustika, Peningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Bowling Anak Kelompok A Di PAUD Kasih Ibu Banda Aceh, Vol. III No. 1 2016.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.2. Bandung: Alphabeta.

Sugiyono 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Cetakan Ke 4. Bandung: Alphabeta.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Swasthi, D. Y., Suryawan, I. G. ., & Putri, A. R. . (2024). Analisis Permainan Bowling Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. RAJULA: Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 168-179. Retrieved from https://ejournal.sidyanusa.org/index.php/rajula/article/view/633

Issue

Section

Articles